Pentingnya untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan

Kongruensi otak kiri dan kanan

Kunci untuk menggunakan potensi sejati kita dan menguasai keterampilan pribadi serta interpersonal terletak dalam memperoleh kongruensi otak kiri dan otak kanan.Otak kiri berperan dalam hal logis, analitis, verbal, sekuensial, dan statistik sedangkan otak kanan berperan dalam hal kreatif, artistik, imajinatif, spasial, holistik, irama, dan warna..Secara sederhana otak kiri dominan dalam mengendalikan imajinasi dan emosi. Otak kanan dominan dalam hal kreatifitas. Kebanyakan latihan penetapan tujuan dari setiap nilai akan mendorong kita untuk menulis kartu penegasan dan mengulangi pernyataan tujuan untuk diri sendiri secara terus-menerus. Hal ini meninggalkan aktivitas otak. Kita pasti akan mencapai sukses yang lebih dalam hidup kita dengan mengulangi penegasan dari yang kita lakukan. Namun, seperti hanya menggunakan salah satu dari otak kita. Jika kita mengulangi pernyataan positif kepada diri sendiri secara terus-menerus tetapi secara bersamaan, dan otak kanan kita membayangkan gambar yang bertentangan dengan penegasan tersebut. Kita memiliki kemungkinan untuk frustrasi. Kita akan lebih maju dengan menggabungkan aktivitas otak kiri dan kanan dan mengikuti proses pengkondisian yang akan membantu meyakinkan otak kiri dan otak kanan lebih kongruensi. Cara lain untuk mendapatkan kerjasama otak kiri dan kanan adalah kita rutin membuat peta pikiran dan tujuan poster.

Belahan kiri dominan dalam mengendalikan kemauan dan disiplin sementara belahan kanan dominan dalam mengendalikan imajinasi dan emosi.

Otak kanan lawan otak kiri

Pernahkah kita berpartisipasi dalam program penurunan berat badan? Kita mungkin telah menemukan seperti banyak orang lain yaitu malakukan diet dan memulai dengan latihan. Statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang memulai program penurunan berat badan cenderung memiliki berat sekitar satu kilogram lebih dari yang mereka lakukan ketika mereka memulai program dua tahun sebelumnya. Sekarang ini tidak berarti bahwa diet dan program latihan tidak berfungsi. Sebagian besar dari mereka tetap melakukan. Namun, kekuatan pikiran kita yang datang ke dalam gambar. Dimana program penurunan berat badan kita sedang diatur oleh hanya otak kiri, dengan otak kanan kita diizinkan untuk membayangkan dan merasakan hal untuk makan atau melakukan yang tidak mendukung diet kita dan lebih buruk lagi, jika otak kanan kita menghubungkan rasa sakit dengan langkah-langkah tindakan bahwa kita mengambil untuk menurunkan berat badan itu, cepat atau lambat otak kanan akan mengalahkan otak kiri dan kita akan kembali ke kebiasaan sebelumnya. Bahayanya kemudian adalah bahwa kita mungkin tidak pernah lagi memulai rencana untuk mencapai tujuan kita karena tidak percaya bahwa kita memiliki kemampuan. Sekarang kecenderungan yang sama berlaku dalam mengejar tujuan-tujuan lain apa pun yang kita mungkin telah menetapkan untuk diri kita sendiri di otak kanan dan otak kiri bekerja sama untuk tujuan bersama. Ini pra-mengandaikan bahwa pelatihan pengembangan pribadi yang efektif harus mencakup latihan dan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan otak kanan serta interaksi antara kedua otak kanan dan otak kiri sehingga mencapai kongruensi yang diinginkan dan semakin membangun kebiasaan perilaku tujuan yang terarah.

Kunci untuk mencapai hasil yang konsisten dalam hidup kita adalah untuk mendapatkan otak kanan dan kiri kita bekerja sama untuk tujuan bersama

Keinginan

Ketika membahas kualitas yang memungkinkan orang untuk menjadi sangat sukses, mungkin akan mencakup ketekunan, perjalanan, tekad, disiplin, percaya diri, inisiatif, dan sejenisnya. Namun, ada satu ciri utama dari orang-orang yang sukses, jika tidak hadir, tidak akan menimbulkan sifat-sifat lainnya. Ini adalah keinginan. Kita tidak akan pernah pergi lebih tinggi dari keinginan tulus yang kita pegang. Ini berarti bahwa ketika menetapkan tujuan dan mengembangkan rencana untuk mencapai maka kita harus memiliki alasan kuat untuk tujuan ini. Jika keinginan tidak cukup kuat, cepat atau lambat kita akan menemukan cara untuk menyabot langkah-langkah tindakan. Kita harus berada dalam posisi untuk secara teratur sebagai bahan keinginan ini. Hal ini diperlukan untuk terus mengingatkan diri kita dari keberhasilan yang ingin dialami setiap hari dan mampu memvisualisasikan dan merasakan hasil akhir dari tujuan dan manfaat yang akan diperoleh bagi kita dan orang yang kita cintai pada kesuksesan dalam pencapaian. Ada proses untuk melakukan hal ini. Ini melibatkan aktivitas otak kanan (tidak mengherankan!)Dan mengambil sejumlah latihan setiap hari, (kami sarankan total 40 menit), untuk berlatih mental tujuan dan rencana aksi. Ketika kita secara teratur memicu semangat kita sendiri dalam keinginan setiap hari (otak kanan), kita akan memiliki tingkat motivasi yang diperlukan untuk mengikuti langkah-langkah yang telah kita rencanakan untuk mengambil (otak kiri) untuk mencapai tujuan kita.

Kebiasaan

Kita harus mengubah keadaan hidup. Tidak ada buku pengembangan pribadi, kaset, video, program pelatihan atau seminar akan menjamin kesuksesan yang kita inginkan kecuali memfasilitasi akuisisi kebiasaan perilaku baru dan ketika ketentuan dibuat untuk memperkuat dan mendukung kebiasaan ini setelah akuisisi. Jika hasil jangka panjang yang ingin dicapai, maka kebiasaan harus berubah dan secara umum, dibutuhkan antara 21 dan 30 hari untuk memperoleh kebiasaan baru. Oleh karena itu, benar-benar tidak realistis untuk mengharapkan hasil jangka panjang dari seminar jangka pendek / workshop / kursus atau melery membaca buku. Ketika peserta kursus diberikan kegiatan untuk melaksanakan baik secara individual maupun secara kelompok dan akibatnya menerapkan prinsip-prinsip dan teknik yang mereka belajar pada program ke dalam kehidupan mereka sendiri dan melihat hasil aplikasi tersebut, perilaku baru mereka sedang diperkuat dan dihargai mengarah ke pengembangan dari kebiasaan yang tepat. Namun, kebiasaan diperoleh perlu dipertahankan dan hal ini membutuhkan mekanisme tindak lanjut berada di tempat. Oleh karena itu, program pengembangan pribadi yang efektif yang menjamin hasil yang terukur harus memberikan tidak hanya untuk akuisisi kebiasaan baru, tetapi juga cukup tindak lanjut untuk mempertahankan mereka. Sebuah proses akuntabilitas perlu dibentuk untuk secara teratur memonitor tingkat aktivitas dan hasil.

Peta Pikiran

Jika otak kita yang penting untuk kesuksesan pribadi kita, teknik apa yang bisa kita gunakan untuk berolahraga secara teratur sehingga mereka beroperasi selaras dengan otak kiri kita? Penelitian yang dilakukan oleh Dr Roger Sperry dan kemudian ditingkatkan dengan karya Tony Buzan telah menunjukkan bahwa salah satu alat yang paling ampuh untuk mendapatkan kongruensi otak kiri dan kanan adalah penggunaan konsisten peta pikiran. Pikiran mapping adalah teknik dimana informasi diringkas dalam bentuk representasi bergambar yang sangat tergantung pada kreativitas individu yang terlibat. Idenya adalah bahwa ketika informasi digambarkan dalam asosiasi kata berwarna-warni didukung oleh sketsa atau bahkan menempel gambar kata-kata kunci, itu jauh lebih mudah diingat, seperti ketika kita melihat foto dapat mengingat secara detail terjadi yang mengarah ke dan diikuti insiden itu.

Ada beberapa aturan dasar atau pedoman untuk mengikuti untuk pemetaan pikiran yang efektif.

Aturan dasar untuk pemetaan pikiran:

  1. Di tengah halaman harus memiliki tema inti dan dengan sebanyak mungkin diberi warna. Perlu digambarkan dalam gambar pusat.
  2. Sebisa mungkin gunakan satu kata per baris dan memastikan kata-kata ini dicetak. Panjang garis dari gambar pusat harus sama dengan panjang kata-kata tertulis di telepon.
  3. Gunakan warna sebanyak tuntutan kreativitas.
  4. Gunakan gambar di samping atau bahkan di tempat kata-kata. Gambar akan sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi. Banyak orang percaya bahwa mereka tidak artistik dan karena itu enggan untuk meletakkan gambar sederhana di atas kertas dari representasi kata. Ini adalah omong kosong. Mereka mungkin tidak pernah menggunakan otak kanan mereka selama bertahun-tahun bahwa mereka tidak menyadari kreativitas yang mereka miliki dalam diri mereka. Seperti apa pun, kreativitas mereka akan dikembangkan setelah mereka mulai berlatih.
  5. Gunakan kode untuk singkatan. Kode ini harus memiliki arti untuk kita. Namun simbol standar seperti: = (sama); > (Lebih besar dari); <(kurang dari); (Penurunan) + (lebih); – (Kurang) dan sejenisnya, harus digunakan di mana relevan.
  6. Bagian yang berbeda asosiasi peta pikiran kita, jika perlu, dengan menggunakan panah. Di mana kita ingin menghubungkan satu bagian dari peta pikiran kita dengan lebih dari satu lainnya, gunakan panah multi-berkepala dengan warna yang berbeda dan ketebalan yang berbeda dari garis untuk mewakili pentingnya asosiasi kepada kita.

Sementara telah disebut disini sebagai aturan