Pentingnya untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan

Kongruensi otak kiri dan kanan

Kunci untuk menggunakan potensi sejati kita dan menguasai keterampilan pribadi serta interpersonal terletak dalam memperoleh kongruensi otak kiri dan otak kanan.Otak kiri berperan dalam hal logis, analitis, verbal, sekuensial, dan statistik sedangkan otak kanan berperan dalam hal kreatif, artistik, imajinatif, spasial, holistik, irama, dan warna..Secara sederhana otak kiri dominan dalam mengendalikan imajinasi dan emosi. Otak kanan dominan dalam hal kreatifitas. Kebanyakan latihan penetapan tujuan dari setiap nilai akan mendorong kita untuk menulis kartu penegasan dan mengulangi pernyataan tujuan untuk diri sendiri secara terus-menerus. Hal ini meninggalkan aktivitas otak. Kita pasti akan mencapai sukses yang lebih dalam hidup kita dengan mengulangi penegasan dari yang kita lakukan. Namun, seperti hanya menggunakan salah satu dari otak kita. Jika kita mengulangi pernyataan positif kepada diri sendiri secara terus-menerus tetapi secara bersamaan, dan otak kanan kita membayangkan gambar yang bertentangan dengan penegasan tersebut. Kita memiliki kemungkinan untuk frustrasi. Kita akan lebih maju dengan menggabungkan aktivitas otak kiri dan kanan dan mengikuti proses pengkondisian yang akan membantu meyakinkan otak kiri dan otak kanan lebih kongruensi. Cara lain untuk mendapatkan kerjasama otak kiri dan kanan adalah kita rutin membuat peta pikiran dan tujuan poster.

Belahan kiri dominan dalam mengendalikan kemauan dan disiplin sementara belahan kanan dominan dalam mengendalikan imajinasi dan emosi.

Otak kanan lawan otak kiri

Pernahkah kita berpartisipasi dalam program penurunan berat badan? Kita mungkin telah menemukan seperti banyak orang lain yaitu malakukan diet dan memulai dengan latihan. Statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang memulai program penurunan berat badan cenderung memiliki berat sekitar satu kilogram lebih dari yang mereka lakukan ketika mereka memulai program dua tahun sebelumnya. Sekarang ini tidak berarti bahwa diet dan program latihan tidak berfungsi. Sebagian besar dari mereka tetap melakukan. Namun, kekuatan pikiran kita yang datang ke dalam gambar. Dimana program penurunan berat badan kita sedang diatur oleh hanya otak kiri, dengan otak kanan kita diizinkan untuk membayangkan dan merasakan hal untuk makan atau melakukan yang tidak mendukung diet kita dan lebih buruk lagi, jika otak kanan kita menghubungkan rasa sakit dengan langkah-langkah tindakan bahwa kita mengambil untuk menurunkan berat badan itu, cepat atau lambat otak kanan akan mengalahkan otak kiri dan kita akan kembali ke kebiasaan sebelumnya. Bahayanya kemudian adalah bahwa kita mungkin tidak pernah lagi memulai rencana untuk mencapai tujuan kita karena tidak percaya bahwa kita memiliki kemampuan. Sekarang kecenderungan yang sama berlaku dalam mengejar tujuan-tujuan lain apa pun yang kita mungkin telah menetapkan untuk diri kita sendiri di otak kanan dan otak kiri bekerja sama untuk tujuan bersama. Ini pra-mengandaikan bahwa pelatihan pengembangan pribadi yang efektif harus mencakup latihan dan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan otak kanan serta interaksi antara kedua otak kanan dan otak kiri sehingga mencapai kongruensi yang diinginkan dan semakin membangun kebiasaan perilaku tujuan yang terarah.

Kunci untuk mencapai hasil yang konsisten dalam hidup kita adalah untuk mendapatkan otak kanan dan kiri kita bekerja sama untuk tujuan bersama

Keinginan

Ketika membahas kualitas yang memungkinkan orang untuk menjadi sangat sukses, mungkin akan mencakup ketekunan, perjalanan, tekad, disiplin, percaya diri, inisiatif, dan sejenisnya. Namun, ada satu ciri utama dari orang-orang yang sukses, jika tidak hadir, tidak akan menimbulkan sifat-sifat lainnya. Ini adalah keinginan. Kita tidak akan pernah pergi lebih tinggi dari keinginan tulus yang kita pegang. Ini berarti bahwa ketika menetapkan tujuan dan mengembangkan rencana untuk mencapai maka kita harus memiliki alasan kuat untuk tujuan ini. Jika keinginan tidak cukup kuat, cepat atau lambat kita akan menemukan cara untuk menyabot langkah-langkah tindakan. Kita harus berada dalam posisi untuk secara teratur sebagai bahan keinginan ini. Hal ini diperlukan untuk terus mengingatkan diri kita dari keberhasilan yang ingin dialami setiap hari dan mampu memvisualisasikan dan merasakan hasil akhir dari tujuan dan manfaat yang akan diperoleh bagi kita dan orang yang kita cintai pada kesuksesan dalam pencapaian. Ada proses untuk melakukan hal ini. Ini melibatkan aktivitas otak kanan (tidak mengherankan!)Dan mengambil sejumlah latihan setiap hari, (kami sarankan total 40 menit), untuk berlatih mental tujuan dan rencana aksi. Ketika kita secara teratur memicu semangat kita sendiri dalam keinginan setiap hari (otak kanan), kita akan memiliki tingkat motivasi yang diperlukan untuk mengikuti langkah-langkah yang telah kita rencanakan untuk mengambil (otak kiri) untuk mencapai tujuan kita.

Kebiasaan

Kita harus mengubah keadaan hidup. Tidak ada buku pengembangan pribadi, kaset, video, program pelatihan atau seminar akan menjamin kesuksesan yang kita inginkan kecuali memfasilitasi akuisisi kebiasaan perilaku baru dan ketika ketentuan dibuat untuk memperkuat dan mendukung kebiasaan ini setelah akuisisi. Jika hasil jangka panjang yang ingin dicapai, maka kebiasaan harus berubah dan secara umum, dibutuhkan antara 21 dan 30 hari untuk memperoleh kebiasaan baru. Oleh karena itu, benar-benar tidak realistis untuk mengharapkan hasil jangka panjang dari seminar jangka pendek / workshop / kursus atau melery membaca buku. Ketika peserta kursus diberikan kegiatan untuk melaksanakan baik secara individual maupun secara kelompok dan akibatnya menerapkan prinsip-prinsip dan teknik yang mereka belajar pada program ke dalam kehidupan mereka sendiri dan melihat hasil aplikasi tersebut, perilaku baru mereka sedang diperkuat dan dihargai mengarah ke pengembangan dari kebiasaan yang tepat. Namun, kebiasaan diperoleh perlu dipertahankan dan hal ini membutuhkan mekanisme tindak lanjut berada di tempat. Oleh karena itu, program pengembangan pribadi yang efektif yang menjamin hasil yang terukur harus memberikan tidak hanya untuk akuisisi kebiasaan baru, tetapi juga cukup tindak lanjut untuk mempertahankan mereka. Sebuah proses akuntabilitas perlu dibentuk untuk secara teratur memonitor tingkat aktivitas dan hasil.

Peta Pikiran

Jika otak kita yang penting untuk kesuksesan pribadi kita, teknik apa yang bisa kita gunakan untuk berolahraga secara teratur sehingga mereka beroperasi selaras dengan otak kiri kita? Penelitian yang dilakukan oleh Dr Roger Sperry dan kemudian ditingkatkan dengan karya Tony Buzan telah menunjukkan bahwa salah satu alat yang paling ampuh untuk mendapatkan kongruensi otak kiri dan kanan adalah penggunaan konsisten peta pikiran. Pikiran mapping adalah teknik dimana informasi diringkas dalam bentuk representasi bergambar yang sangat tergantung pada kreativitas individu yang terlibat. Idenya adalah bahwa ketika informasi digambarkan dalam asosiasi kata berwarna-warni didukung oleh sketsa atau bahkan menempel gambar kata-kata kunci, itu jauh lebih mudah diingat, seperti ketika kita melihat foto dapat mengingat secara detail terjadi yang mengarah ke dan diikuti insiden itu.

Ada beberapa aturan dasar atau pedoman untuk mengikuti untuk pemetaan pikiran yang efektif.

Aturan dasar untuk pemetaan pikiran:

  1. Di tengah halaman harus memiliki tema inti dan dengan sebanyak mungkin diberi warna. Perlu digambarkan dalam gambar pusat.
  2. Sebisa mungkin gunakan satu kata per baris dan memastikan kata-kata ini dicetak. Panjang garis dari gambar pusat harus sama dengan panjang kata-kata tertulis di telepon.
  3. Gunakan warna sebanyak tuntutan kreativitas.
  4. Gunakan gambar di samping atau bahkan di tempat kata-kata. Gambar akan sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi. Banyak orang percaya bahwa mereka tidak artistik dan karena itu enggan untuk meletakkan gambar sederhana di atas kertas dari representasi kata. Ini adalah omong kosong. Mereka mungkin tidak pernah menggunakan otak kanan mereka selama bertahun-tahun bahwa mereka tidak menyadari kreativitas yang mereka miliki dalam diri mereka. Seperti apa pun, kreativitas mereka akan dikembangkan setelah mereka mulai berlatih.
  5. Gunakan kode untuk singkatan. Kode ini harus memiliki arti untuk kita. Namun simbol standar seperti: = (sama); > (Lebih besar dari); <(kurang dari); (Penurunan) + (lebih); – (Kurang) dan sejenisnya, harus digunakan di mana relevan.
  6. Bagian yang berbeda asosiasi peta pikiran kita, jika perlu, dengan menggunakan panah. Di mana kita ingin menghubungkan satu bagian dari peta pikiran kita dengan lebih dari satu lainnya, gunakan panah multi-berkepala dengan warna yang berbeda dan ketebalan yang berbeda dari garis untuk mewakili pentingnya asosiasi kepada kita.

Sementara telah disebut disini sebagai aturan pemetaan pikiran, mereka tidak dapat ditafsirkan sebagai hukum keras dan cepat. Sebuah peta pikiran yang efektif adalah salah satu yang bekerja untuk kita dan oleh karena itu harus ada penekanan, gambar, warna, kode chat dan gaya yang akan menentukan efektivitasnya. Cobalah untuk mengembangkan kebiasaan mencatat semua catatan dalam format peta pikiran. Jika kita diminta untuk memberikan presentasi, lakukan ini dari peta pikiran. Ketika kita berada di pertemuan, mencatat dalam peta pikiran tata letak dan hanya melihat perbedaan dalam kemampuan kita untuk mempertahankan apa yang terjadi pada pertemuan tersebut dan membandingkannya dengan biasa logis / metode analisis menit rekaman.

Kalau ingin lebih banyak pengetahuan mendalam tentang pemetaan pikiran buku yang direkomendasikan: berpikir bercahaya oleh Tony Buzan dan Barry Buzan diterbitkan oleh BBC Books, sebuah divisi dari BBC Enterprises Limited, Woodland, Wood Lane, London, W12 OTT .

Pengkondisian autogenik

Sebuah teknik sangat kuat untuk mendapatkan kongruensi otak kiri dan kanan adalah pengkondisian autogenik. Ini adalah nama yang diberikan untuk proses yang sangat sederhana, oleh Profesor Johannes Schultz di tahun 1920-an. Namun, itu hanya pada 1980-an yang kita di dunia barat mulai duduk dan memperhatikan kekuatan teknik ini ketika kita menganalisis alasan mengapa Jerman Timur dan Rusia menang semua medali emas di Olimpiade. Awalnya kita pikir mungkin teknik pelatihan fisik mereka tapi ini tidak ada kasusnya. Bahkan, jika ada, metode pelatihan fisik mereka sudah ketinggalan zaman dibandingkan dengan yang digunakan di dunia barat. Perbedaan besar dalam penyusunan atlet adalah bahwa mereka memulai pengkondisian autogenik, suatu bentuk latihan mental atau preview acara mereka secara fisik yang dipersiapkan. Hasil menggunakan teknik pengkondisian autogenik di bidang olahraga ini sudah banyak dikenal dan diterima. Namun, yang mengejutkan, teknik-teknik yang sama belum digunakan oleh orang-orang dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk memaksimalkan potensi mereka sendiri. Kita menjadi sangat jelas tentang apa pengkondisian autogenik ternyata bisa dan tidak bisa dilakukan. Ini tentu tidak bisa mengubah atlet rata-rata menjadi juara Olimpiade semalam. Namun, apa yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan atlet itu untuk melakukan yang terbaik ketika mereka memilih, misalnya, di saat-saat penting dari kompetisi. Teknik pengkodisian autogenik adalah teknik yang efektif digunakan untuk meningkatkan potensi kita.

Ada empat tahap pengkondisian autogenik; progresif relaksasi, verbalisasi, visualisasi dan emosionalisasi

a.) relaksasi progresif

  • duduklah sendiri dikursi dan tulang belakang menekan kursi belakang. Kaki tidak disilangkan dan ditempatkan menempel di lantai. Tangan harus beristirahat di pangkuan. Ketika memulai tahap relaksasi, ‘pemicu’ berguna untuk mendapatkan keadaan rileks adalah dengan membuat lingkaran dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan ini dengan kedua tangan. Bila kita telah menyelesaikan sesi pengkondisian autogenik (20 menit kemudian), dan kita membayangkan tubuh kita menjadi kembali berenergi, memanfaatkan kembali energi ‘pemicu’ membuat lingkaran dengan ibu jari dan jari tengah. Sekali lagi, lakukan ini dengan santai dan energi dan kita akan dapat mengakses ini hanya dengan mengaktifkan pemicu yang relevan.

b.) verbalisasi

  • Pada tahap ini awalnya membaca penegasan pada kita 3″x 5″ kartu yang telah kita kumpulkan setelah menyelesaikan penetapan tujuan kegiatan dalam bab 2. Setelah beberapa saat, setelah afirmasi ini telah berkomitmen untuk memori, kita tidak perlu lagi menggunakan tahap ini, tetapi proses langsung tahap selanjutnya yaitu visualisasi.

c.) Visualisasi

  • Kita sekarang memproyeksikan gambar yang diinginkan dan hasil ke layar imajiner di depan. Kita melihat diri kita dengan tujuan terpenuhi dan menikmati imbalan dan manfaat yang akan mengalir dari mereka. Ini mengambil bentuk gambar dimana kita melihat diri kita di layar dipisahkan dari pengalaman yang sebenarnya, bukan seperti menonton film dengan kita memainkan peran utama.

d.) Emosionalisasi

  • Hal ini berbeda dengan tahap sebelumnya bahwa kita sekarang mengangkut mental diri kita ke dalam gambar pada layar penuh terkait dengan hal itu dan pengalaman dengan banyak indera yang kita bisa, semua emosi yang melekat pada pencapaian keberhasilan dari tujuan.

Imajinasi dan Kemauan

Mengapa otak kita sangat berkuasa? Untuk menjawabnya mari melihat hasil arahan dari Dr Emile Coue yang mana pada tahun 1900an mencapai tingkat pemulihan yang jauh lebih cepat dan lebih besar dengan pasiennya daripada yang mengikuti dokter medis. Tentu mereka ingin mengetahui yang telah dia lakukan dan tidak para dokter lakukan. Anehnya, mereka menemukan bahwa dia juga meresepkan pengobatan yang sama seperti saat para dokter mengobati macam-macam penyakit yang didiagnosa. Akan tetapi, mereka juga menemukan bahwa dia juga mendukung pasiennya, sebagai bagian dari pengobatan para pasien, hal yang pertama dilakukan di pagi hari dan terakhir di malam hari adalah melihat cermain dan berbicara dengan dirinya sendiri : ‘ setiap hari, dalam segala hal aku menjadi lebih baik dan lebih baik.’ Pernyataan ini ketika diulang dan diulang lagi dengan penuh keyakinan akan secara bertahap menjadi keyakinan dan menjadikan tubuh mereka mengikuti dan menyesuaikan intruksi dari pemikiran yang mereka percaya.

Emile coue setelah itu merumuskan hukum couse yang berbunyi : ‘ Setiap kali imajinasi dan kemauan bertentangan, imajinasi pasti akan menang.’ Dengan kata lain, jika kita mempunyai pertentangan antara otak kiri dan kanan dan berusaha untuk mencapai tujuan kita dengan cara kemauan sendiri, ada kesempatan yang sangat baik bahwa kita akan mengelabuhi tindakan kita sendiri dan sampai memastikan bahwa otak kanan kita, imajinasi dan mekanisme emosional, bekerja sama dan tidak melawan kemauan otak kiri dan tertib. Salah satu fungsi utama otak kita adalah mempertahankan hidup dan melindungi dari apa yang membuat kita merasa sakit. Akibatnya, saat kita mungkin sedang memiliki kemauan yang luar biasa dan disiplin, hal ini tidak akan pernah cukup jika otak kanan kita membayangkan rasa sakit jangka pendek yang mungkin timbul berdasarkan pengambilan langkah-langkah tindakan yang kita renungkan. Kuncinya disini adalah dengan menggunakan pemikiran yang dingin secara berkala sehingga dapat membawa kekuatan yang luar biasa dari otak kanan agar mencapai tujuan kita dan menggunakan imanjinasi serta focus terhadap kesenangan jangka panjang yang akan ditimbulkan dari pengambilan tindakan yang dimaksud. Kita dapat menggunakan imajinasi untuk focus pada rasa sakit jangka panjang yang akan lebih banyak timbul akibat tidak mengambil langkah-langkah tindakan. Otak kita akan selalu lebih banyak untuk menghindari rasa sakit untuk mendapat kesenangan. Mengenai prinsip akan dibahas pada bab-bab berikutnya.

Hukum Emile Couse

Jika sewaktu-waktu imajinasi dan kemauan bertentangan, maka imajinasi akan pasti akan menang.

Keberhasilan kita dalam hidup akan terjadi berdasarkan kinerja, bukan potensi. Anda mungkin memiliki semua potensi yang dibutuhkan untuk berhasil tapi itu tidak menjamin kesuksesan anda. Satu-satunya cara yang akan menjamin kesuksesan adalah dengan memaksimalkan potensi anda melalui tindakan. Seperti perilaku anda ditentukan oleh sikap dan perasaan, sangat penting bahwa adab berperilaku sesuai dengan kemampuan anda. Hal ini dicapai dengan pengkondisian autogenicharian.
Pikiran bawah sadar Anda

Saya akan membahas pikiran bawah sadar lebih lanjut dalam bab 2 : ‘bagaimana untuk menetapkan tujuan dalam hidup anda”, tetapi pada tahap ini, anda mungkin bertanya-tanya di mana alam bwah sadar dan fungsi sadar pikiran cocok dengan otak kiri dan kanan. Apakah pikiran bawah sadar didominasi fungsi dari salah satu belahan ini? Aktivitas otak anda diukur dengan jumlah energy listrik yang dihasilkan. Pada satu waktu anda memiliki frekuensi gelombang otak yang berbeda. Sementara anda membaca ini, otak anda beroperasi terutama di tingkat beta yaitu antara 13 dan 30 siklus per detik. Ketika anda memulai pada latihan pengkondisian autogenic, anda memasukkan tingkat alpha yang berarti bahwa pernyataan mengantuk ada saat sebelum tidur dan saat anda pertama kali bangun. Frekuensi gelombang otak anda pasa tingkat alpha adalah antara 8 dan 1 per detik. Ini merupakan wilayah dimana pikiran bawah sadar anda paling siap diakses. Maksudnya adalah bawah sadar anda tidak lagi didominasi oleh pikiran sadar. Ada dua tingkatan selanjutnya dari frekuensi gelombang otak yaitu teta (antara 4 dan 8 siklus per detik) dan delta (kurang lebih 4 siklus per detik). Theta umumya terjadi saat tidur dan delta terjadi saat berada di bawah sadar. (anda mungkin tahu dengan baik bahwa beberapa orang melakukan hal yang begitu banyak dalam keadaan delta yang ingin dilakukan di kehidupan nyata).

Jika anda memahami betapa pentingnya kondisi alfa adalah untuk memprogram pikiran bawah sadar anda dengan keyakinan positif dan instruksi yang anda pilih, mungkin kesimpulan anda benar bahwa pikiran bawah sadar sebagian besar dari fungsi otak kanan. Penelitian Dr Roger Sperry, yang disebutkan sebelumnya, menunjukkan bahwa seharusnya corpus callosum(sendi antara dua belahan otak) dipotong untuk beberapa alasan atau otak kanan menjadi tak bisa dioperasikan, mungkin setelah itu otak kiri akan mengambil alih funsi otak kanan dan akibatnya fungsi alam bawah sadar kemungkinan menjadi aktivitas otak kiri. Namun, untuk tujuan kita, dengan asumsi kedua sisi otak kita beroperasi secara normal, sebagian besar proses bawah sadar dapat dianggap sebagai aktivitas otak kanan.

  • Kunci keberhasilan sesseorang terletak dalam memperoleh keseimbangan otak kiri dan kanan.
  • Otak kiri berperan dalam mengendalikan kemauan dan disiplin. Otak kanan mengendalikan imajinasi dan emosi.
  • Terknik untuk memperoleh keseimbangan otak kiri dan kanan meliputi kondisi autogenic, penggunaan rutin peta konsep pemikiran dan pembuatan poster tujuan hidup.
  • Keinginan adalah angka kualitas kesuksesan seseorang. Penggunaan kondisi autogenic sehari-hari akan menjamin keinginan anda yang lemah berada dalam tingkat yang tinggi
    dan hasilnya berorientasi dengan perilaku yang baik.
  • The acquisition mendukung kebiasaan perilaku adalah syarat untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Setiap menumbuhkan kebiasaan mengambil rata-rata 21 dan 30 hari.
  • Salah satu kebiasaan untuk berkembang adalah penggunaan peta konsep. Mengikuti aturan dasar atau pedoman, menggunakan peta konsep untuk mencatat, beberapa menit rapat, presentasi, catatan kejadian sehari-hari dan sejenisnya.
  • Cara paling efektif yang dapat anda gunakan untuk mencapai kesuksesan adalah pengkondisian autogenic. Didukung dengan 20 menit pengkondisian autogenic dua kali sehari, anda akan mencapai kesuksesan. Empat tahap pengkondisian autogenic adalah “
  1. Relaksasi progresif
  2. Verbalisasi
  3. Visualisasi
  4. Emosionalisasi
  • Otak kanan jauh lebih kuat daripada otak kiri. Ingat hukum Emile Coue ini : ‘setiap kalo imajinasi dan kemauan bertentangan, imajinasi pasti akan menang’. Kunci untuk mendapatkan keseimbangan otak kiri dan kanan adalah dengan menghubungkan antara imajinasi dan kemauan, daripada saling bertentangan.
  • Keberhasilan anda berdasarkan kinerja, bukan potensi yang anda miliki. Hasil berasal dari tindakan-bukan bicara saja !
  • Kesuksesan mekanisme bawah sadar anda sebagian besar merupakan fungsi otak kanan. Untuk memaksimalkan kekuatannya, anda harus terus menerus melatihnya.

A.relaksasi progresif
Hal ini dicapai dengan duduk di kursi dengan kaki Anda rata di lantai dan tangan Anda ringan tergenggam di pangkuan Anda. Anda harus melonggarkan item pakaian ketat yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Tutup mata Anda dan mulai memfokuskan perhatian Anda pada kaki Anda. Konsentrasikan perasaan pada jari-jari kaki dan kaki santai sepenuhnya. Meronta jari-jari kaki Anda sllightly menjadi lebih sadar dari mereka dan kemudian memungkinkan mereka untuk bersantai. Kaki Anda sekarang merasa benar-benar santai. Relaksasi sekarang menyebar di insteps Anda, di sekitar pergelangan kaki dan ke celves kaki Anda. Fokuskan perhatian Anda pada betis Anda dan memungkinkan mereka rileks. Melenturkan otot-otot betis Anda sedikit menjadi lebih sadar dari mereka dan kemudian memungkinkan mereka rileks. Otot betis Anda sekarang merasa benar-benar santai dan relaksasi berlanjut selama lutut dan ke otot paha Anda. Tegang otot paha Anda menjadi lebih sadar dari mereka dan kemudian memungkinkan mereka untuk rileks sepenuhnya. Anda dapat merasakannya menjadi lebih santai. Paha Anda sekarang benar-benar santai. Kedua kaki Anda sekarang begitu santai bahwa mereka merasa lemas dan berat. Bayangkan relaksasi menyebar sekarang sekitar pinggul dan perut Anda seperti selimut. Anda berkonsentrasi pada daerah tertentu dari tubuh Anda dan Anda bisa merasakan semua otot sekitar perut Anda santai. Perut Anda sekarang merasa sangat santai. Semua otot-otot sekitar tulang rusuk Anda, perut dan diafragma sekarang penuh santai. Anda sekarang menjadi sadar bahwa pernapasan Anda lebih dalam dari biasanya. Berkonsentrasi pada pernapasan Anda selama beberapa detik. Tarik napas dalam-dalam dan berirama dan merasakan tubuh Anda santai sebagai napas Anda menjadi lebih dalam. Relaksasi sekarang menyebar di sekitar otot-otot punggung dan, seperti yang Anda memungkinkan mereka untuk bersantai mereka menyatu dengan vhair di mana Anda duduk dan Anda merasa sangat nyaman dan konten duduk di posisi itu. Relaksasi berlanjut hingga tulang belakang Anda, Anda sekarang dapat merasakan relaksasi yang menyebar atas dan di bawah bahu Anda dan Anda memungkinkan mereka untuk rileks sepenuhnya. Ketika Anda rileks bahu Anda benar-benar Anda membiarkan mereka terkulai ke posisi yang lebih nyaman. Anda sekarang merasa relaksasi menyebar ke kedua lengan atas dan menyebar di siku Anda ke lengan dan di pergelangan tangan Anda dan ke tangan Anda. Sekarang Anda dapat merasakan relaksasi menyebar ke ujung jari Anda dan Anda merasa kesemutan sedikit relaksasi mencapai mereka. Anda sekarang memungkinkan otot-otot sekitar leher dan tenggorokan rileks dan tangan Anda mulai merasa sedikit berat. Anda mengizinkannya terkulai ke arah dada Anda. Relaksasi sekarang menyebar ke seluruh otot-otot wajah Anda, dan garis-garis kerutan di sekitar mata dan di dahi Anda sekarang merapikan. Otot-otot terkecil dalam tubuh Anda, orang-orang di eyelis Anda, sekarang santai dan kelopak mata Anda terasa sangat berat. Seluruh tubuh Anda sekarang merasa benar-benar santai. Anda merasa diri Anda tergelincir lembut ke dalam keadaan yang lebih dalam dan lebih dalam relaksasi lengkap dan mengucapkan. Pernapasan Anda sekarang dalam dan berirama dan dengan setiap napas berirama dalam Anda menjadi lebih dan lebih ramah santai. Setiap suara latar belakang yang Anda dengar hanya melayani untuk menginduksi keadaan relaksasi yang lebih dalam.
Anda harus menggunakan saran anda atas untuk berbicara diri ke dalam tingkat yang mendalam ini relaksasi setiap kali Anda memulai latihan pengkondisian autogenik Anda sampai Anda telah menghabiskan dua minggu terus melakukan latihan ini dua kali sehari. Pada tahap itu, Anda tidak akan perlu berbicara diri ke dalam keadaan relaksasi tetapi hanya memvisualisasikan diri Anda dalam posisi ini dan dalam beberapa detik Anda akan berada dalam keadaan yang mendalam. Untuk mempercepat kedalaman relaksasi, disarankan untuk memiliki latar belakang musik yang lembut dimainkan di irama satu-beat-per-detik karena hal ini menyebabkan suasana hati yang tepat dan lingkungan untuk keadaan relaks.

B.Verbalisasi
Dalam tingkat relaksasi yang mendalam, verbalise laporan tujuan Anda menggunakan kartu penegasan tujuan disusun dalam kegiatan 8. Ulangi setiap pernyataan tujuan enam kali sebelum verbalising yang berikutnya. Membatasi afirmasi ini untuk maksimal empat gol. Setelah tujuan telah tercapai kartu penegasan yang berkaitan dengan tujuan yang harus diganti sebagai lain.
C. Visualisasi
Tutup mata Anda dan gambar imajiner di depan Anda. Memproyeksikan ke layar yang jernih, warna-warni, gambar rinci diri Anda dengan Anda empat tujuan utama tercapai. Lihat diri dan orang yang Anda cintai menikmati imbalan dan manfaat dari pencapaian keberhasilan tujuan tersebut. Melaksanakan proses ini untuk setiap salah satu tujuan utama Anda secara terpisah.
Pada awalnya, Anda mungkin merasa sangat sulit untuk memfokuskan pikiran Anda pada tujuan tertentu selama lebih dari satu menit atau lebih. Ini perfectlynatural jika Anda belum pernah terlibat dalam segala bentuk meditasi, yoga, pelatihan alpha atau teknik visualisasi kreatif lainnya. Jangan kuatir. Dengan latihan harian kemampuan konsentrasi Anda progressievly akan meningkatkan dan dalam 30 hari Anda harus dapat memfokuskan pikiran Anda pada tujuan yang Anda pilih selama yang Anda inginkan. Hal ini penting ketika memulai latihan ini tidak memaksakan diri untuk berkonsentrasi ketika Anda menemukan pikiran Anda mengembara, seperti, jika tidak, Anda akan mengembangkan sakit kepala. Sebaliknya, lembut membawa pikiran Anda kembali dan berpikir tentang aspek-aspek yang berbeda dari tujuan untuk mereka yang awalnya Anda berfokus pada. Bahkan, selama tiga hari pertama, membiarkan diri Anda untuk mengalami manfaat dari kondisi alfa seperti tingkat relaksasi fisik yang lengkap, pengaturan dan klarifikasi pikiran dan re-vitalised perasaan pada akhir setiap sesi 20 menit . Pada hari keempat mulai mengarahkan pikiran Anda ke empat tujuan utama Anda, satu per satu.
Ada dua bidang fokus ketika melakukan latihan visualisasi kreatif ini. Awalnya, harus fokus pada hasil akhir (yaitu menikmati buah dari keberhasilan pencapaian tujuan.), Maka Anda dapat beralih fokus Anda ke proses – rencana aksi yang Anda berniat untuk mengikuti untuk mencapai tujuan Anda. Dengan cara ini Anda akan segera mulai menghasilkan ide-ide tentang cara terbaik untuk mengubah rencana yang ada, jika perlu, berdasarkan umpan balik harian hasil dari tindakan Anda saat ini.
D. Emotionalisation
Pada tahap ini Anda mental mengangkut diri Anda ke dalam gambar yang telah memvisualisasikan dan mengalami perasaan yang intens yang Anda bisa menggunakan semua indera Anda. Anda sekarang sepenuhnya terkait dengan gambar, tidak lagi melihat diri Anda dari terpisah, sudut pandang pasif, tapi aktif mengalami sensasi yang keberhasilan Anda telah menghasilkan.
E. Re-energizing
Pada akhir 20 menit sesi, berbicara diri (ke tingkat beta gelombang otak) lebih dari 20 detik dengan menyarankan kepada diri sendiri sebagai berikut: “mengambil napas dalam-dalam – dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut. Merasakan energi kembali ke tubuh karena secara bertahap menggantikan relaksasi. Saya akan menghitung mundur 20-0 dan ketika aku menghitung saya akan semakin merasa lebih dan lebih bersemangat sampai aku mencapai 0 ketika saya akan membuka mata saya dan merasa benar-benar kembali vitalised.
Setelah dua minggu 20 hitungan detik sampai dikurangi menjadi 10 detik dan setelah lebih empat minggu lima detik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 3 =